Cek Progress Anda
Klik Di sini

News and Events

Tips Meletakkan Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Sesuai Feng Shui

RumahHokie.com (Jakarta) – Peletakan kamar mandi atau toilet di dalam kamar tidur kerap menjadi pertanyaan. Pasalnya, menurut aturan feng shui, kamar tidur harus diletakkan pada sektor yang baik, sementara kamar mandi dan toilet—untuk menekan pengaruh buruk—harus diletakkan pada sektor yang buruk.

Jadi, bisa dimaklumi jika beberapa pembaca bingung, karena di zaman modern ini, hampir semua rumah baru memiliki kamar tidur utama yang dilengkapi kamar mandi. Bahkan, ada pula rumah yang seluruh kamar tidurnya memiliki toilet di dalam.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya.  Dalam Teori Feng Shui Delapan Gedung atau Ba Zhai (??), semua rumah digolongkan menjadi delapan tipe menurut arah hadap pintu masuk utama dan sandaran kavling di belakang.

Dari kedelapan kategori ini, secara sederhana rumah terbagi menjadi dua kategori yang dinamakan Kelompok Rumah Barat dan Kelompok Rumah Timur.

Baca: Tips Renovasi Rumah Sesuai Aturan Feng Shui

Untuk kelompok Rumah Barat, arah kompas yang baik atau asupicious yaitu Barat, Barat Laut, Barat Daya, Timur Laut. Sektor-sektor yang baik ini terutama untuk menempatkan pintu masuk utama, kamar tidur utama, ruang kerja, dan ruang cetia (ruang sembahyang).

Untuk Kelompok Rumah Barat, arah-arah yang tergolong buruk (tidak auspicious) adalah Timur, Tenggara, dan Selatan.

Di sisi lain, untuk Kelompok Rumah Timur, arah kompas yang baik atau in-auspicious adalah Utara, Selatan, Timur, dan Tenggara.

Sebaliknya, arah yang buruk (in-auspicious) yaitu Tenggara,Timur, Selatan, dan Utara.

Pada posisi (sektor) yang buruk atau tidak auspicious ditempatkan fungsi-fungsi yang menekan, seperti kamar mandi/WC untuk “membilas” pengaruh buruk, dapur untuk “membakar” pengaruh buruk, serta gudang untuk “membelenggu” pengaruh buruk sehingga tidak tersebar.

Dengan membaca prinsip metode Ba Zhai ini, maka pertanyaan di atas terjawab: fungsi kamar tidur dengan kamar mandi tidak boleh berada di sektor yang sama—kamar tidur di sektor baik, sementara kamar mandi berada di sektor yang buruk.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

 

Artikel ini disunting tanggal 30 January 2018.